Kamis, 29 Maret 2012

Berbagai Obat Sariawan


Memiliki sariawan di mulut rasanya sangat mengganggu juga mempengaruhi mood. Agar tak berlama-lama bersarang di mulut, segera obati dengan mengonsumsi makanan dan minuman ini.

Sariawan atau stomatitis adalah bisul merah yang tumbuh di dalam mulut. Stomatitis dapat disebabkan karena alergi terhadap pasta gigi, stres, pencernaan yang buruk, kekurangan vitamin B dan asam folat, makanan pedas, rokok atau alkohol.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda dapat bebas dari sariawan. Berikut asupan yang dapat Anda konsumsi untuk menyembuhkan sariawan.

Vitamin B
Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan anemia, kelelahan, depresi, dan sariawan. Karenanya, jangan lupa sertakan makanan-makanan yang mengandung vitamin B dalam menu harian Anda, seperti tiram, telur ikan, susu kedelai, daging, telur, dan rice milk untuk menyembuhkan susu mulut.

Makanan kaya besi
Zat besi tidak hanya menyembuhkan sariawan, tetapi juga memperkuat tulang dan otot. Untuk tetap sehat dan bugar, selalu konsumsi makanan yang kaya zat besi seperti bayam, daging sapi, tiram, hati ayam, kalkun, wijen, sereal, labu, kentang, brokoli, gram gandum, dan telur.

Asam folat
Sariawan adalah penyakit yang dapat muncul berulang kali. Anda dapat mencegahnya dengan memasukkan asam folat dalam diet Anda. Sayuran hijau gelap seperti bayam, asparagus, selada, kacang polong hijau, dan lobak kaya akan asam folat. Demikian halnya pada kacang-kacangan, pepaya, nanas, pisang, dan jeruk dapat bermanfaat menyembuhkan sariawan.

Air kelapa
Ini bukan makanan, tapi memiliki efek penyembuhan yang hebat. Air kelapa dapat menyembuhkan luka pada mulut dengan sering meminumnya selama masa pengobatan. Hal ini dikarenakan air kelapa berkemampuan meredakan peradangan sariawan dan mencegah sariawan tidak terjadi lagi.

Buah
Buah jeruk, nanas, dan pisang adalah makanan sehat untuk menyembuhkan sariawan. Buah-buahan ini dapat membantu karena melancarkan pencernaan, antiperadangan, dan kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat dibutuhkan pada orang yang sedang sariawan. Pasalnya, vitamin C pada darah penderita sariawan umumnya rendah.

Sumber: http://www.ramuantradisional.com/2012/03/berbagai-obat-sariawan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar