Jumat, 30 Maret 2012

Aire Mask, Topeng Yang Mengubah Nafas Kita Menjadi Listrik

Ternyata nafas kita ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi yang ramah lingkungan lho. Yuk kita tengok alat canggih yang diberi nama topeng AIRE ini.

Joco Paulo Lammoglia dari Rio de Janeiro, Brazil, adalah sang penemu topeng AIRE. Topeng elektronik ini memanfaatkan kekuatan tenaga angin dari nafas kita dan mengubahnya menjadi listrik untuk menjalankan iPod atau pun telepon genggam.

Topeng AIRE terdiri dari turbin angin kecil. Energi yang dihasilkan olehnya ditransfer melalui kabel ke perangkat elektronik. Perangkat ini dapat digunakan dalam semua situasi, di dalam dan luar ruangan, ketika kita berjalan, berlari, membaca buku, bahkan ketika kita tidur. Dengan topeng AIRE, energi tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.



"Saya berharap dapat mewujudkan konsep ini mejadi produksi dan mengurangi jejak karbon," ujar Lammoglia.

"Selain menghemat energi dan membantu pelestarian lingkungan, alat ini juga bisa mendorong kita untuk melakukan latihan fisik."

Menurut Lammoglia, peralatan modern yang kita miliki cenderung menggunakan energi listrik dalam jumlah tinggi. Dengan memanfaatkan energi dari aktivitas yang kita lakukan dan mengubahnya menjadi listrik merupakan solusi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar