Rabu, 28 Maret 2012

Jenis Ulat Bulu yang Sangat Beracun

Jadi teringatt kasus ulat bulu yang pernah melanda beberapa kawasan di Indonesia. Bahkan fenomema ini berlangsung cukup lama dan penyebarannya yang begitu cepat. Berikut ini menunjukan jenis ulat bulu yang sangat berbahaya bagi manusia yang disebabkan oleh racun yang sangat berbahaya, jenis apakah saja itu?

1. The Saddleback Caterpillar


Ulat yang cantik, tapi hati-hati jika agan terkena racunnya maka akan terjadi pembengkakan, rasa mual dan ruam selama berhari-hari. Ulat ini tergolong rakus dan memakan segala jenis tanaman, dan terdapat di taman, pot bunga, kebun dll

2. The Cinnabar Moth Caterpillar

Ini ulat masih tergolong ulat yang rakus, tetapi jika dia kehabisan bahan makanan maka yg terjadi adalah saling kanibalisme antara sesama ulat. Jelas untuk mempertahankan hidup ulat ini dibekali senjata racun yang cukup mematikan bagi mangsanya. Kalau tersentuh manusia maka racun tersebut membuat kita gatal dan ruam sekujur tubuh

3. The Monarch Caterpillar

Ulat yang lucu berwarna kuning bergaris hitam dan putih, jika ulat in isudah menetas tidak terlihat kasat mata karena saking kecilnya. Ulat ini tumbuh sangat cepat, ia memiliki panjang rata2x 2 inch. Ulat ini memang indah tetapi sangat beracun. Jika sudah menjadi kupu-kupu Monarch Caterpillar sangat cantik dan indah

4. The Gypsy Moth Caterpillar

Ciri khas dari jenis ulat ini adalah memiliki bulu yang banyak di kepalanya, dan uniknya di badan ulat tersebut hanya sedikit ditumbuhi rambut. Rambut tersebut dapat menyebabkan nyeri dan dermatitis bagi orang yang bersentuhan. Mereka sangat menyukai beberapa jenis daun yaitu mapple, pohon elm dan ek. Ulat ini bisa juga menyebabkan pohon menjadi mati

5. The Bag Shelter Caterpillar

Diantara semua jenis ulat lainnya, ulat ini sangat beracun dan berbahaya ,bisa mengakibatkan kematian pada manusia. Gejala awal sesak napas dan ruam disekujur tubuh. Ulat ini memakan daun, dan keluar pada malam hari.

6. The Puss Caterpillar

Ulat paling beracun di Amerika Utara adalah Slug Caterpillar Puss atau Woolly. Jangan tertipu oleh penampilan bola berbulu yang kapas karena akan melepaskan asam pada apa pun yang menyentuh dan sarat dengan duri beracun di seluruh tubuhnya. Gejala dari sengatan bisa bertahan beberapa hari dan termasuk sakit kepala, mual dan muntah. Terdapat di pohon jeruk, elm dan ek.

7. The Stinging Rose Caterpillar

Para menyengat flamboyan Rose atau Mawar Slug Caterpillar kurang dari satu inci panjang dan dalam warna merah, oranye dan kuning dengan ungu dan hijau pinstripes. Spesies ini memiliki warna-warni hitam berujung duri dengan kelenjar racun. Menyentuh ulat ini akan menyebabkan ujung duri untuk memutuskan dan racun untuk memasuki kulit. Hal ini dapat menyebabkan ruam kulit iritasi dan reaksi hipersensitif. Ulat ini dapat ditemukan pada tanaman berkayu seperti dogwood, maple, oak, cherry, apel, poplar dan hickory.

8. The Hickory Tussock Caterpillar

Berikut ulat hitam dan putih ditutupi rambut putih keabu-abuan dengan bintik-bintik hitam pada sisi dan jumbai yang hitam di sepanjang tengah punggung. Kedua panjang, tajam, rambut tipis hitam menonjol keluar dari depan dan belakang yang terhubung ke kelenjar ulat racun. Keracunan terjadi ketika terjadinya kontak dengan rambut atau duri dan menyebabkan ruam kulit atau hipersensitivitas. Hickory Tussock Ulat umumnya terlihat dari bulan Juni sampai September dan dapat ditemukan di Kanada bagian selatan dan bagian dari Amerika Utara. Mereka makan selama sekitar delapan minggu pada hickory, kemiri dan kenari di samping pohon elm, oak dan willow.

9. The Io Moth Caterpillar

Saat Io Ngengat Caterpillar berkembang, kelanjutannya dari oranye menjadi hijau terang dengan garis-garis merah dan putih berjalan panjang tubuh. Dua jenis racun yang dilepaskan dari punggung yang memiliki sengatan sangat kuat, yang mengakibatkan rasa terbakar dan peradangan. Mereka memakan banyak pohon dan semak-semak termasuk willow, mapel, elm, oak, holly, aspen, belalang, ceri, pir dan sassafras. Spesies ini dapat ditemukan di terbuka, padang rumput hutan dan ladang jagung dari Februari hingga September.

10. The Spinny Oak Slug Caterpillar

Ulat ini indah hadir dalam pelangi warna pastel termasuk hijau, biru, pink dan kuning dan memiliki panjang kurang satu inch. Hal ini lebih rata dan mempunyai empat kelompok duri gelap dekat ujung belakang. Racun yang dikeluarkan oleh duri dapat menyebabkan reaksi yang parah. Ulat ini suka makan kurma, willow, abu, oak, hackberry dan kastanye bersama dengan pohon-pohon lain dan tanaman berkayu yang lebih kecil. Spesies ini dapat ditemukan di hutan dari selatan Quebec untuk Maine dan selatan melalui Missouri, Texas dan Florida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar