Rabu, 28 Maret 2012

Dosis Kopi yang Wajar dan Efeknya


Florida Alzheimer’s Disease Research Center, menyebutkan dosis kopi yang di konsumsi secara wajar setiap hari adalah sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi. Takaran ini disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu diperuntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi dan wanita hamil, dan yang pasti tubuh dalam keadaan sehat. kafein sebenarnya tidak hanya terkandung dalam kopi saja, tapi juga terdapat pada teh, minuman berenergi, minuman bersoda, cokelat, dan bahkan pada obat sakit kepala. Perlu diketahui secangkir kopi mengandung sekitar 80 miligram kafein, dan satu cangkir teh atau satu soda mengandung sekitar 50 miligram kafein. Untuk Cokelat, selain mengandung kafein juga mengandung teobromin. Teobromin mempunyai berperan seperti kafein.

Efek Negatif Kafein

Demi kesehatan kita yang sangat berharga, kita semua sangat perlu untuk mengetahui fakta-fakta tentang efek mengosumsi kafein, sehingga kita bisa mengambil keputusan yang bijaksana dalam mengonsumsinya. Berikut ini beberapa efek samping jika minum kopi (kafein) berlebihan:

Gelisah


Salah satu efek samping kafein bagi kesehatan adalah dapat memicu kegelisahan. Tidak semua orang mengalami efek samping ini, namun sebuah penelitian di University of Michigan membuktikan efek sampingnya bisa menyebabkan seseorang mudah tersinggung bahkan bisa membuat tangannya gemetar.


Gangguan kardiovaskular (sistem peredaran darah)


Jantung akan terasa berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat di otak. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi dan sakit jantung.

Sakit kepala


Beberapa jenis obat sakit kepala menggunakan campuran kafein karena dalam jumlah sedikit senyawa ini memang memiliki khasiat anti nyeri. Namun efek sebaliknya bisa muncul jika dikonsumsi terlalu banyak, misalnya minum lebih dari 2-3 cangkir kopi espresso atau 5-6 cangkir kopi biasa setiap hari.

Gangguan pencernaan Perut


mulas dan rasa mual sering dikeluhkan saat minum kopi terlalu banyak. Bukan karena kopinya sudah basi, tapi kafein itu sendiri memang meningkatkan produksi asam di lambung sehingga tidak dianjurkan minum kopi sebelum makan.

Gangguan buang air kecil


Saat sedang kedinginan di dalam ruangan ber- AC (air conditioner), menghangatkan diri dengan minum kopi bukanlah ide yang baik. Hawa dingin saja sudah menyebabkan keinginan buang air kecil lebih sering, ditambah efek samping kafein sebagai diuretik maka kemungkinan frekuensi buang air kecil pun akan meningkat.

Insomnia


Efek samping paling umum dari minum kopi terlalu banyak adalah tidak bisa tidur. Bagi remaja atau paruh baya, efek ini mungkin hanya akan memicu rasa lelah namun bisa berdampak serius bagi kesehatan kaum lanjut usia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar