Selasa, 15 November 2011

10 Penjahat yang Sangat Terkenal Sepanjang Zaman

Di belahan dunia ini pasti ada penjahat yang kemampuannya menonjol, sebagai contoh, barang yang dicuri tidak hanya jemuran, tapi pabriknya jemuran.

Kemampuan menonjol dalam dunia kepenjahatan ini akan menempatkan seseorang ke dalam TOP-10 penjahat dunia seperti berikut ini, yang tentunya tak patut untuk dicontoh dan ditiru, Don't Try This Anywhere!!!!

1. The 'Barefoot Bandit'
Baginya, dunia adalah tempat bermain. Dua tahun lebih Colton Harris-Moore menjadi buronan, dia diduga telah mencuri 5 pesawat, beberapa mobil dan perahu yacht senilai $450.000, serta uang tunai di sejumlah rumah dan tempat bisnis.

Satu-satunya benda yang tidak berhasil dia curi adalah sepatu. The "Barefoot Bandit" atau penjahat tanpa alas kaki / nyeker adalah julukannya sampai akhir penangkapannya.

Pihak berwenang membawanya dengan borgol kaki membelenggu kakinya yang tanpa alas kaki, pada 11 juli 2010 setelah melakukan pengejaran dengan perahu berkecepatan tinggi.

Harris-Moore telah buron sejak tahun 2008, semenjak dia berhasil lepas dari pengejaran polisi di rumah singgahnya di Washington.

Sejak itu, dia dituduh atas lebih dari 100 perampokan. Pada pelariannya yang terakhir dia mengatakan telah terbang dari Indiana ke Bahama, dan selama ini telah menerbangkan pesawat sejauh 1000 mile atau sekitar 1.609.344 kilometer padahal dia tidak pernah menerima pendidikan penerbangan.

Dia mengaku belajar menerbangkan pesawat dari internet dan buku manual penerbangan. Yang mengherankan adalah, dia masih berumur 19 tahun.

Atas tuduhan pencurian property dan masuk secara ilegal ke negara Bahama, kemungkinan dia akan diekstradisi ke Amerika Serikat dan menghadapi hukuman 15 tahun penjara.

2. Jesse James (Jesse Woodson James)
Penjahat Kelahiran Missouri ini adalah seorang prajurit gerilya konfederasi di selatan pada masa Civil War / Perang Saudara Amerika.

Dia juga dikenal sebagai perampok, pernah terlibat dalam penjarahan kereta pada tahun 1864, dan pembunuhan 22 dari 23 tentara AS tak bersenjata di atas kapal dan scalping (dikuliti kulit kepalanya, biasa dilakukan oleh orang Indian) pada beberapa korbannya.

Setelah perang berakhir, dia dan saudaranya mengembara tanpa tujuan yang jelas. Pada tahun 1881 Gubernur Missouri, Thomas T. Crittenden menawarkan hadiah sebesar $ 10.000 untuk menangkap mereka, hidup atau mati.

Tak lama kemudian, Robert Ford, seorang anggota geng, menembak dan membunuh Jesse dan mengklaim hadiah.

Jesse dibunuh oleh Robert Newton Ford yang sebenarnya adalah anggota kelompoknya, Geng James-Younger.

Pada tanggal 3 April 1892, setelah sarapan, Robert Ford, Charley Ford dan Jesse James siap berangkat untuk memulai merampok lagi, keluar masuk rumah untuk menyiapkan kuda.

Hari itu sebenarnya hari sedang panas, James melucuti mantelnya, dan mengatakan bahwa ia harus meninggalkan senjatanya, agar tak mencurigakan.

James teringat pada gambar berdebu di dinding dan berdiri dari kursi untuk membersihkannya. Robert Ford mengambil kesempatan, dan menembak kepala James dari belakang.

Jesse sering disebut-sebut sebagai "Robin Hood Liar dari Barat", namun tak ada bukti ia pernah membagi hasil rampokan dan jarahannya kepada mereka yang membutuhkan.

Tulisan di atas nisan Jesse James, ditulis oleh ibunya, terbaca: In Loving Memory of my Beloved Son, Murdered by a Traitor and Coward Whose Name is not Worthy to Appear Here (Dalam Kenangan Manis Bersama Putraku Tercinta, Dibunuh oleh Seorang Pengkhianat dan Pengecut yang Namanya Tak Berharga untuk Muncul di Sini).

Sampai hari ini Jesse James tetap menjadi pahlawan bagi banyak orang karena ia tak mau mundur dan setia di pihak Selatan. Kisah hidupnya juga telah diangkat ke sebuah film.

3. Billy the Kid
Seperti kebanyakan legenda barat, yang banyak diketahui dari Billy the Kid adalah berdasarkan cerita masa lalu, siapa sih yang tidak tahu pria legendaris ini?

Dia mungkin dilahirkan antara tahun 1859 dan 1861 dan bernama William Henry McCarty. Sejak kecil, hidupnya banyak berpindah-pindah, dari New York ke Indiana, ke Kansas, ke Colorado, dan ke New Mexico.

Meskipun kejahatannya dimulai dari kejahatan kecil (Dia pertama kali ditangkap pada 23 September 1875, atas pencurian keranjang cucian) dan setelah itu kejahatannya terus berlanjut.

Dia adalah seorang pencuri kuda di Arizona, dan pencuri ternak di New Mexico. Penjahat kurus dan bergigi maju / berantakan (bisa dilihat di film konyol Lucky Luke) ini menghabiskan kehidupan singkatnya dengan melarikan diri, mencuri, berjudi, dan membunuh. Menurut laporan dia telah membunuh lebih dari 20 orang.

Pada bulan April 1881, Kid dihukum gantung karena pembunuhan Sherrif, namun dia berhasil kabur dari penjara dengan membunuh 2 deputi.

Tetapi kebebasannya tidak berlangsung lama, dua bulan kemudian, Sherrif Pat Garret berhasil mengadilinya, dengan menembaknya mati pada 14 juli 1881.

4. Salvatore Giuliano
Disebut sebagai Robin Hood dari Sisilia, Salvatore Guiliano menjadi penjahat paling terkenal pada sejarah Italia karena keangkuhannya, kedermawanannya (agak bertolak belakang), dan ketajamannya sebagai seorang separatis.

Giuliano yang dikenal gagah dan tampan memimpin sekelompok pasukan yang dilaporkan sebanyak 600 orang dalam perampokan tuan tanah kaya yang hasilnya diberikan kepada orang miskin, dan kemudian menghilang di gunung.

Mereka membunuh lebih dari 100 petugas polisi dan 40 warga sipil serta mengumpulkan uang sebanyak 1 juta dollar dari penculikan.

Ketika namanya tertulis di Headline sebuah surat kabar, dia menulis surat kepada surat kabar tersebut untuk menantang pemerintah bertarung sampai mati, dan mengumumkan perang di Italia.

Pada tahun 1949, satuan tugas berjumlah 2000 orang menyerbu Sisilia, mencari penjahat yang sukar dipahami ini, akhirnya senapan mesin menambakinya dari jarak dekat pada tahun 1950.

Setelah kematiannya, majalah TIME menulis bahwa selama 7 tahun, Giuliano telah menjadi raja penjahat di negara yang di mana seorang penjahat dipandang sebagai seorang raja.

5. Ned Kelly

Penjahat legendaris sekaligus pahlawan rakyat, Ned Kelly mengingatkan kembali pada Australia di abad ke-19, pada saat terjadinya perburuan buronan terbesar di negara ini. Setelah membunuh 3 petugas polisi di Voctoria, Kelly dan kelompoknya lari sebagai buronan.

Mereka merampok bank, membakar seluruh surat gadai di kota, dan mempengaruhi orang Australia keturunan Irlandia untuk berbalik melawan pemerintah.

Pada pertarungan senjata api terakhir mereka melawan polisi, anggota geng Kelly mengenakan baju zirah yang terbuat dari mata bajak, bertarung dengan berdiri tegak dan peluru hanya terpental ketika mengenai mereka.

Kelly tertembak pada kakinya dan kemudian tertangkap, pada akhirnya dia dihukum gantung di Melbourne pada tahun 1880. Tapi legendanya tidak berakhir di Australia.

Mick Jagger memainkan tokoh Kelly dalam sebuah film biografi pada tahun 1970 yang ditulis oleh Shel Silverstein dan Kris Kristofferson.

Legenda musik Country, Johnny Cash dan Waylon Jennings juga menulis lagu tentang geng Kelly. Dan di tahun 2003, Heath Ledger memerankan penjahat ini di sebuah film.


6. Claude Du Val


Perampok berkebangsaan Perancis abad ke-17 ini terkenal karena menentang norma-norma pencuri bersenjata jalanan dengan tidak melakukan kekerasan selama melakukan aksinya. Dia merampok dengan menggunakan pesonanya.

Legenda mengetakan bahwa Du val adalah seseorang yang sedikit modis, dengan penampilannya yang berbeda dengan perampok lainnya, yang kebanyakan kotor dan serakah.

Dia digambarkan sebagai seseorang yang gagah, cerdas, dan tampan, begitu banyak gambaran yang terdapat pada dirinya sehingga setidaknya bisa digambarkan melalui lukisan di atas ini.

Dia setuju dengan hanya mencuri setengah dari harta seorang pengembara bila istrinya mau menari dengannya. Setelah 10 tahun menjadi buronan pihak berwenang, buronan kelahiran Normandia ini akhirnya tertangkap oleh polisi dan dihukum gantung.

Banyak wanita berbondong-bondong untuk membangunkannya di tiang gantungan, berlomba-lomba hanya untuk menyentuh badannya.


7. Bonnie and Clyde

Bonnie Parker (perempuan) dan Clyde Barrow (laki-laki), adalah panjahat berpenampilan menarik yang sangat saling mencintai, tindakan perampokan mereka kecil tetapi brutal, mereka tidak segan untuk membunuh siapapun yang menghalangi mereka.

Pada bulan Januari tahun 1934, mereka mengatur sebuah pelarian diri dari penjara di Texas yang berakhir pada terbunuhnya 2 penjaga.

3 bulan kemudian mereka membunuh 2 perwira polisi dan seorang perwira polisi senior, serta menculik seorang kepala polisi.

Patroli jalan raya Texas mengumumkan sebuah pengejaran resmi, dan ini hanyalah masalah waktu sebelum mereka berhasil ditangkap. Pada 23 Mei 1934, polisi menyergap mobil mereka di luar Gibsland, LA.

Mereka kalah oleh terjangan hujan peluru dari polisi, kejahatan mereka merampok SPBU, restoran, dan bank selama 21 bulan berakhir sudah.

Pasangan penjahat ini tidak pernah menikah, dan Bonnie tidak memiliki catatan sebagai seorang penjahat sebelumnya sebelum bertemu dengan Clyde yang mantan Napi.

Para ahli sejarah percaya bahwa Bonnie bertindak jahat karena dia sangat mencintai Clyde. Beberapa foto mereka berdua, tampak mereka sedang berpelukan dengan mesra. Cerita cinta dan kejahatan mereka telah diangkat kedalam sebuah film.


8. Dick Turpin

Faktanya penjahat yang pada awalnya mengikuti jejak ayahnya menjadi tukang daging namun kemudian pada awal 1730an bergabung dengan geng rusa pencuri ini menjelajahi Inggris pada abad ke-18.

Dengan kejam meneror penghuni wanita di rumah peternakan yang terpencil dan merampas barang berharga mereka.

Beberapa penelitian dan buku-buku telah digunakan untuk menyangkal bila Turpin sama romantisnya dengan Du Val, dengan menjelaskan bahwa Turpin mampu melakukan tindakan kekarasan yang extrim dan menghabiskan banyak waktunya dengan menjadi pemerkosa dan pembunuh.

Pada akhirnya, dia dipenjarakan atas perbuatannya mencuri kuda, dan dihukum gantung pada tahun 1739.


9. Butch Cassidy

Butch Cassidy memiliki keahlian khusus dalam bidang perkereta apian. Antara tahun 1896 dan awal tahun 1900an, dia bersama 8 anggota lainnya yang menamakan diri sebagai geng "Wild Bunch", merampok lusinan kereta termasuk pada 2 Juni 1899, perampokan ribuan dollar dari kereta pengiriman uang Union Pacific.

Sebagai buronan paling dicari pada masanya, Cassidy yang bernama asli Robert LeRoy Parker melarikan diri ke Amerika Selatan bersama temannya Sundance Kid.

Mereka berdua akhirnya tewas dalam tembak-tembakan di Bolivia pada tahun 1909, namun ternyata banyak versi mengenai akhir petualangannya, ada yang mengatakan dia tewas dalam tembak-tembakan di Uruguay, namun masih samar mana yang benar.

Versi lainnya menyatakan mereka melarikan diri ke Alaska (atau mungkin Nevada atau Wyoming) dan hidup damai dalam ketidak jelasan hingga 1930an.

Cerita versi Bolivia sepertinya yang paling akurat, menurut beberapa badan detektif dari Pinkerton, yang bertugas melacak keberadaan Cassidy, menyatakan bahwa dia tewas di Bolivia.

10. Vincenzo Peruggia

Berhasil melakukan pencurian benda seni terbesar sepanjang sejarah, Vincenco Peruggia tidak membutuhkan peralatan berteknologi tinggi, dia hanya membutuhkan kesabaran, waktu dan beberapa polisi yang sedang tidak berada di tempatnya.

Pada tahun 1911, Peruggia bersembunyi sepanjang malam di Museum Louvre di Paris, dan ketika museum ditutup, dia melepas lukisan Mona Lisa dari dinding dan kemudian menyembunyikannya di balik bajunya.

Untuk kabur, dia hanya berjalan melewati pos penjaga yang sedang tanpa penjagaan, kemudian menyembunyikan lukisan itu di apartemennya.

Polisi menginterogasi Peruggia dan percaya terhadap alibinya bahwa dia sedang bekerja di tempat lain ketika lukisan hilang.

Setelah menyimpan lukisannya di dalam peti selama 2 tahun, Peruggia membawa Mona Lisa ke Italia. Ketika dia mencoba untuk menjualnya kepada seorang pemilik galeri bernama Alfredo Geri, dia tertangkap.

Setelah itu Mona Lisa dipamerkan di seluruh Italia, dan dikembalikan ke Museum Louvre pada tahun 1913. Peruggia yang mengatakn mencuri lukisan atas dasar patriotis untuk mengembalikan lukisan tersebut ke Italia, akhirnya dipenjara selama 6 bulan.

Setelah bebas dia bergabung dengan tentara Italia dan ikut berperang dalam Perang Dunia 1. Dia menikah, kemudian kembali ke Perancis dan membuka sebuah toko lukisan. Dia meninggal pada 2 September 1947 di kota Annemasse, Perancis.

Yah, yang namanya penjahat memang kebanyakan berakhir dengan peluru dari pak polisi seperti Billy the Kid, Salvatore Giuliano, Ned Kelly, Bonnie&Clyde, dan Butch Cassidy, atau peluru temannya seperti pak Jesse James, dan juga tiang gantungan seperti Claude Du Val dan Dick Turpin.

Tapi masih ada juga yang bernasib agak mujur seperti Colton Harris-Moore dan pak Vincenzo Peruggia yang hanya dipenjara, karena murni pencurian dan tidak disertai dengan pembunuhan.


Daftar penjahat-penjahat di atas hanya dalam skala Eropa dan Amerika dari zaman dahulu sampai sekarang yang tercatat karena kejeniusan, kesadisan, dan keunikan penjahat tersebut, mungkin di belahan dunia lain masih ada banyak lagi yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar