Selasa, 10 April 2012

Tips Buka Usaha Sambil Kerja


Sharing :
Saya mahasiswa semester akhir, saat ini saya mengeluti bidang usaha jasa servis komputer dan sebuah warnet di daerah tangerang dan juga sebagai karyawan di PT .blablabla. Pertama saya mau buka usaha tersebut semuanya hanya dari ide2 yang di dapat dari sharing sana sini yang ga ada action buat buka usaha trsbt dan akhirnya bertemu temen yang mempunyai visi dan misi sama buat buka usaha. Satu kampus satu kelas pula tapi baru kenal dekat pas semester 3, di situ kami langsung melakukan action padhal semuanya ga da istilah kita jago komputer. Kita merakit warnet tersebut hanya mengandalkan mbah google dari situ kita bangun dari berbagi trouble dan akhirnya dari pengalaman trouble2 tersebut kita berkembang jadi buka jasa servisan komputer dan laptop. Dari pengalaman saya dapat kita ambil kesimplan: bahwa semua berasal dari kemauan,
BUKAN BISA ATAU TIDAK BISA YANG PENTING MAU ATAU TIDAK MAU, kata-kata bos ane tiap pagi gan yang slalu di ucapkan buat nyemangatin anak buahnya. Tips-tips untuk memulai usaha sambil kerja sebagai berikut :

1. Niat/Keinginan
Kemauan yang keras unk membuat usaha. Orang yang bener-bener pingin usaha keliatan dari cara bergaul dan tata cara pembahasan pembicaraan orang yang pingin usaha klw ngobrol pasti selalu ngebahas tentang usaha dan masa depan.

2. Tujuan
Kemana arah tujuan usaha yang mau dijalankan (untuk memudahkan mencari referensi usaha yang akan di jalankan). Tujuan ini dimaksudkan untuk membulatkan niat jadi di sini harus ada tujuan usaha yang jelas misalkan saya mau buka usaha kuliner? Kuliner =warung padang, restoran, mendoan, mie ayam, bakso, dll.
Nah tujuan ini agar lebih spesifik misalkan saya mau usaha kuliner Mie Ayam CEKER==>Tujuan.

3. Action
Nah yang terakhir ini biasanya yang paling sulit untuk melakukan tindakan/action. Niat, tujuan sudah ada tapi untuk melakukanya kaga ada itu sama aja bohong....(NOL BESAR).

Alasan-alasan yang membuat kita gagal bertindak untuk memulai usaha :

1. Ga punya modal .....????
Jwb : usaha sistem dropship lewat toko online gratis/anda punya ide bagus pasti modal datang dengan sendirinya dgn sistem kerjasama.

2. Takut gagal (misalkan dagang takut daganganya ga laku)
Jwb : dari pengalaman saya usaha sekecil apapun pasti saya dikasih untung walaupun sedikit jadi ga usah takut duluan.

3. Punya modal tapi ga punya ide usaha
Jwb : masih banyak orang2 pengangguran di luar sana yang mempunyai ide cemerlang dan pekerja keras atau bisa jga dgn ikut join partner dengan teman yang udah usaha. Dan bisa juga ikut ngumpul2 sama orang2 wirausaha.

4. Ga da waktu sudah terlalu sibuk....?
Jwb : bersyukurlah jadi orang sibuk karena masih banyak orang yang bingung besok kegiatannya mau ngapain. Solusi: siapkan buku catatan penting dan manage waktu kamu seefektif mungkin.

Catatan : setelah usaha berjalan yang perlu di perhatikan adalah managemen usaha tersebut jangan sampai kacau klw ingin usahanya tetep bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar