Senin, 09 April 2012

Negara yang Paling Panas di Dunia

Banyak dari negara-negara di dunia mempunyai rekor peristiwa suhu terpanas di sepanjang tahun. Dan di sisi lain yang ada di daftar ini kebanyakan adalah negara-negara yang terletak didekat atau bahkan di garis khatulistiwa. Saat bumi mulai berputar, tiap-tiap dari negara ini mempunyai tempat yang kian dekat dengan matahari.

1. Libya



Ini negara dengan luas terbesar ke-4 di Afrika terletak dekat dengan khatulistiwa dan dianggap menjadi negara terpanas di dunia.Tanah dari wilayah negara ini sebagian besar ditutpi oleh padang pasir gersang dan panas. Di ibukotanya, Tripoli, suhu tinggi rata-rata sekitar 30 ◦ C di musim panas. Angin disebut Ghibli mampu mengubah suhu menjadi sekitar 40 ◦ C sampai 50 ◦ C.

2. Aljazair


Aljazair mengalami suhu yang sangat panas. Bahkan selama musim dingin, suhunya masih panas dan lembab. Suhu diketahui melebihi 50 ◦ C di negara ini.

3. Ethiopia


Negara ini dianggap salah satu yang terpanas di dunia. Danakil Depression adalah gurun dengan area lebih dari 100 meter di bawah permukaan laut. Daerah ini ditandai dengan gelombang panas dan juga tremor bumi. Suhu Udara di sini bisa meningkat sampai dengan 63 C.

4.Irak


Irak mengalami suhu panas di tahun 2010. Merkuri mencapai 520 ◦ C di Basra pada tanggal 14 Juni. Negara ini biasanya mengalami musim panas yang kering dan musim dingin yang basah.kadar hujan di Sebagian besar negara ini sekitar 10 inci per tahun.

5. Amerika Serikat


Beberapa daerah di Amerika Serikat yang panas, terutama Death Valley, California. Suhu rata-rata 48 ◦ C selama musim panas. Daerah ini merupakan padang pasir tandus yang memiliki rata-rata hujsn 5 cm per tahun.

6. Arab Saudi


Pada tahun 2010, Arab Saudi mengalami tahun panas. Di Jeddah suhu naik hingga 52 ◦ C. Gelombang panas ini disertai dengan badai pasir. Ini menyebabkan pemadaman listrik utama di 8 pembangkit listrik di negara ini.

7. India


India menghadapi sejumlah gelombang panas dalam dekade terakhir. Pada tahun 2003 gelombang panas menewaskan sedikitnya 1.065 orang di bagian Selatan India. Pada tahun 2010, gelombang panas yang melanda negara itu menyebabkan pukulan besar bagi perekonomian india di sebelah barat laut dan menyebabkan ketergantungannya pada kapas.

8. Iran


Negara ini juga dikenal memiliki iklim panas, terutama di Gurun Luth. Di bagian dari negara ini telah tercatat suhu naik sampai 71 ◦ C.

9. Thailand


Negara ini memiliki iklim hangat dan tropis yang dipengaruhi oleh angin musim tahunan. Musim panas terjadi antara bulan April dan Mei. Bangkok telah tercatat sebagai kota dengan suhu tinggi dan ekstrim yang meningkat lebih dari 50 ◦ C.

10. Chili


Sepertiga dari negara ini kering dan panas sepanjang tahun. Negara itu sendiri terletak di dalam 3 zona iklim: tropis, subtropis dan sedang. Ada rekor suhu tertinggi tahun 2010 di bagian utara Chili dan dibagian pesisir Chili biasanya lebih dingin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar