Selasa, 13 Maret 2012

CNN Akan Beli Mashable, Blog Seharga Rp1,8 Triliun


CNN sedang melakukan pembicaraan untuk membeli laman sosial media berita Mashable dengan harga lebih dari $ 200 juta atau sekitar Rp1,82 triliun ($1 = Rp 9.135), menurut sebuah sumber yang terpercaya.


Pendiri Mashable, Pete Cashmore
Blogger Reuters Felix Salmon mengatakan kesepakatan itu akan segera diumumkan pada Selasa, walaupun sumber mengatakan kesepakatan itu tidak akan diumumkan dalam minggu-mingu ini.

Mashable menjangkau dan menyatukan semua berita terkait berkembang media sosial dan sektor internet meliputi perusahaan-perusahaan baru (start-up) serta pemain besar seperti Facebook dan Twitter.

Juru Bicara CNN Christa Robinson mengomentari laporan Mashable mengatakan: "Kami tidak berspekulasi tentang bisnis kami dan kami tidak mengomentari laporan tersebut."

Seorang juru bicara Mashable tidak mau berkomentar
Sebagaimana berita utama lainnya outlet CNN yang dimiliki oleh Time Warner Inc telah berusaha mengembangkan usahanya untuk bersaing lebih efektif di era media berbasis Web sosial.

Agustus lalu CNN membeli Zite sebuah aplikasi berita untuk iPad yang dirancang untuk memberikan pengguna perangkat serasa membaca majalah.

Namun sembari menunggu soal kepastian kabar ini, yang pasti angka USD 200 juta yang disodorkan tentu saja menimbulkan perdebatan. Meski Mashable, bukan media yang pernah memenangkan penghargaan prestisus seperti Pulitzer award, namun Mashable dengan ulasan ringkasnya tentang media sosial mampu merangkul banyak pembaca.

Memang, akuisisi media besar terhadap blog bukanlah pertama kali dilakukan oleh CNN. Sebelumnya AOL pernah membeli TechCrunch, SAY Media mengambil alih ReadWriteWeb, meski angkanya tidak 'wah' seperti Mashable. Mashable didirikan pada tahun 2005 oleh pria asal Aberdeen, Skotlandia. Situs ini mengklaim memiliki 20 juta unique visitor dan 4 juta follower di Twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar