Selasa, 27 Maret 2012

Busway ke Bekasi Beroperasi Hari Ini

Moda Bus Rapid Transit akhirnya menembus batas wilayah DKI Jakarta. Ini diawali dengan mulai dioperasikannya Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway yang menghubungkan Bekasi-Jakarta hari ini, Rabu 28 Maret 2012.

Ada dua rute sebenarnya yang dilayani angkutan yang pengoperasiannya akan diresmikan kedua kepala daerah. Kedua rute itu adalah Terminal Bekasi-Terminal Pulogadung dan Terminal Bekasi-Terminal Kampung Rambutan. Kedua titik yang diumpan angkutan ini berada di wilayah Jakarta Timur.

"Baru rute Pulogadung-Bekasi yang beroperasi. Rencananya rute Kampung Rambutan akan berjalan pekan depan, " kata Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, di Balai Kota, Selasa, 27 Maret 2012.

Pristono menjelaskan, sebagai tahap awal akan ada 15 bus berkapasitas 85 penumpang yang beroperasi. Mereka dijadwalkan berangkat dari Terminal Bekasi dan Pulo Gadung setiap 10 menit.

Dengan waktu operasi pukul 5 hingga 22, Pristono memperkirakan angkutan perbatasan ini mampu mengangkut hingga 17.340 penumpang setiap hari. Jumlah itu diperhitungkan setara dengan 4,09 persen warga komuter dari Bekasi ke Jakarta setiap harinya. Target kami, warga Bekasi yang biasa menggunakan mobil pribadi akan beralih menggunakan bus ini, kata Pristono menunjuk kapasitas angkut bus per hari yang setara 8.616 mobil pribadi.

Untuk beralih ke angkutan ini, setiap calon penumpang hanya perlu membayar Rp 9.500. Ini adalah harga terusan bus pengumpan dan bus Transjakarta. "Setelah berhenti di Bekasi Town Square, bus langsung masuk tol sampai Jakarta, tidak berhenti-berhenti (transit) seperti Transjakarta," ujarnya.

Setelah menembus Bekasi, Dinas Perhubungan DKI akan mengembangkan angkutan yang sama di wilayah penyangga ibukota yang lain yaitu Tangerang. "Kami fokus pada daerah yang belum memiliki akses angkutan massal ke Jakarta," kata Pristono yang menilai penggunaan moda kereta dari Bekasi dan Tangerang belum maksimal.


foto

Di Jalur ke Bekasi sendiri, Pristono menambahkan, nantinya akan ada pula perpanjangan busway atau jalur Transjakarta yang semula Harmoni-Pulogadung menjadi Harmoni-Harapan Indah, Bekasi. Ini adalah bentuk pengembangan dari moda angkutan yang mulai beroperasi hari ini. "Supaya nanti masyarakat punya pilihan, mau naik yang lewat tol atau tidak," kata Pristono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar