Jumat, 24 Februari 2012

Recovery Pasca Tsunami Jepang yang Luar Biasa


Foto-foto Jepang pascagempa bumi besar pada Maret 2011 lalu, hanya tinggal kenangan. Sebab di Jepang kini, sama sekali tak ada bekasnya negara ini pernah porak-poranda.

Lihat saja rangkaian foto yang dimuat oleh media The Sun. Teringat 11 Maret tahun lalu saat gempa terbesar yang diikuti gelombang tsunami setinggi lebih dari 40 meter menyapu pesisir utara-timur negara tersebut.

Videonya saja membuat merinding, saat air meluap melebih tanggul di pelabuhan. Puing-puing reruntuhan hanyut dan warga lokal menyelamatkan diri. Pada hari itu, 16.000 orang tewas, 6.000 lebih terluka dan 3.287 masih hilang hingga saat ini.

Gempa berkekuatan 9,0 skala Richter itu tercatat sebagai yang terkuat mengguncang Jepang. Masalah bertambah buruk, karena PLTN Fukushima Daiichi ikut terpengaruh. Meski bisa dihindari, hampir saja bencana nuklir menimpa negara ini.

Namun tak sampai setahun kemudian, semuanya baik-baik saja. Jalanan yang berantakan sudah dirapikan. Puing-puing bangunan dan kendaraan disingkirkan. Nyaris tak ada bekas bencana itu. Luar biasa!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar