Jumat, 16 Desember 2011

Tips Naik Pesawat Bersama Bayi

Tips Naik Pesawat Bersama Bayi

Bayi usia tiga bulan atau lebih sudah bisa melakukan penerbangan. Bahkan bayi yang lahir cukup bulan dan tidak memiliki gangguan jantung dan pernafasan, dapat melakukan penerbangan sejak usia tujuh hari.

Benarkah bayi boleh naik pesawat? Sebenarnya bayi usia tiga bulan atau lebih sudah bisa melakukan perjalanan dengan pesawat. Bahkan, menurut peraturan di sebuah maskapai penerbangan Indonesia, bayi yang lahir cukup bulan dan tidak memiliki gangguan jantung dan pernafasan, boleh melakukan penerbangan sejak usia tujuh hari. Namun tak ada salahnya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan cek keadaan bayi secara keseluruhan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat.

Atasi Sakit Telinga. Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di telinga bayi, susui atau berikan makanan pada bayi sebelum take-off dan landing. Dan sebaiknya bayi dalam keadaan bangun dan disusui ketika turun dari pesawat. Bawalah perlengkapan dan kebutuhan bayi yang diperlukan untuk traveling.

Perlukah carseat di pesawat? Memang biasanya pada usia 24 bulan pun bayi masih bisa bebas biaya, namun sangat tidak dianjurkan untuk bayi duduk dipangkuan Anda. Turbulesi atau perubahan tekanan secara drastis di pesawat dapat membuat bayi terlepas dari pegangan Anda. Dan jika terjadi kecelakaan, bayi bisa saja terjepit di antara tubuh Anda. Ada baiknya jika Anda memesan satu kursi lagi khusus untuk bayi. Jika ia sudah cukup besar untuk bisa duduk sendiri, itu lebih baik. Atau jika tidak, Anda bisa menggunakan car seat atau pengaman khusus untuk bayi dan anak kecil. 

Perlu diperhatikan:
  • Jangan sembarangan menggunakan car seat untuk bayi. Jika Anda membeli car seat buatan Amerika, pastikan ada sertifikasi dari Federal Aviation Administration (FAA). Untuk lebih amannya, carilah yang bertuliskan: "This restraint certified for use in motor vehicles and aircraft."
  • Jika berat badan bayi sudah mencapai 20 kilogram, lebih baik ia menggunakan sabuk pengaman pesawat. Dan selalu perhatikan dengan baik instruksi dari awak pesawat kapan Anda harus 'mengikat' bayi di kursinya. 
  • Jika Anda bisa mencari tempat duduk dekat jendela, itu lebih baik. Dengan demikian Anda bisa meletakkan car seat bayi tanpa mengganggu jalan. Namun jangan duduk di samping pintu darurat atau dekat pintu keluar. 
  • Jangan lupa untuk membawa beberapa mainan atau buku favorit bayi. Mainan dan buku-bukunya ini akan membantu Anda agar bayi bisa tenang dan duduk manis di pesawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar